Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingkah Membuat Proposal Kehidupan?


Proposal kehidupan, begitulah banyak orang menyebutnya. Semacam merencanakan kehidupan 5 tahun, 10 tahun ataupun 20 tahun kedepan. Soal rencana, Saya yakin sobat sekalian sudah punya rencana untuk masa depan sobat semuanya. Namun, sudahkah sobat sekalian menuliskan semua rencana masa depannya?. Nah, untuk itulah tulisan ini ada :).

Sobat sekalian, seberapa pentingkah membuat rencana masa depan yang “tertulis”?

Pada tahun 1979, Harvard Business School melakukan riset kepada para lulusan MBA yang berkaitan dengan rencana hidup. Pada waktu itu (tahun 1979),  para lulusan MBA ditanya, “Apakah kamu sudah membuat rencana hidup yang jelas, spesifik dan tertulis?”.

10 tahun kemudian, pada tahun 1989. Riset yang dipimpin oleh Mark Mc Cormark melakukan wawancara dengan semua responden pada tahun 1979 tersebut. Hasilnya?, simak dengan baik ya sobat sekalian.

-        - 13% responden yang memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik namun tidak tertulis memiliki penghasilan rata-rata 2 kali lipat lebih besar dibandingkan 84% responden yang tidak memiliki rencana hidup.

-       -  3% sisanya, mereka yang memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik dan tertulis memiliki penghasilan rata-rata 10 kali lipat lebih besar dibanding 97% responden yang tidak memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik dan tentunya tertulis.

Bagaimana pendapat sobat sekalian tentang riset ini?, luar biasa bukan?.

Begitu pentingnya memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik dan tertulis. Saat kita memiliki sebuah rencana hidup yang matang, dalam artian jelas, spesifik dan tertulis, maka kehidupan kita pun  akan terarah.

Sobat sekalian, tidak semua aktivitas perlu kita lakoni. Hidup ini terbatas, kelak pasti akan bertemu dengan kematian. Waktu pun terbatas, hanya 24 jam dalam satu hari. 7 hari dalam satu minggu. 30 hari dalam satu bulan. Begitu pun dengan tenaga kita, terbatas.

Dengan memiliki rencana hidup yang jelas, tenaga kita, waktu kita akan lebih terarah untuk hal-hal yang akan menyampaikan kita pada pencapaian rencana kita. Kita pun akan memiliki skala prioritas yang akan membimbing kita dalam memilah dan memilih aktivitas apa saja yang perlu dan penting untuk dilakuakan.

So, setalah sobat sekalian beranjak dari tulisan ini, segera untuk mengambil pulpen dan kertas sobat sekalian lalu tuliskan apa saja rencana kehidupanmu. Semoga kelak sobat sekalian menjadi orang yang sukses dunia juga akhirat.

Semoga bermanfaat.

 

Follow Me